RESUME PENGENALAN COBIT FRAMEWORK

Name : Alfonsus Antero Arnayusrendito (1204210085)

Class : Tata Kelola 05-05 


Halo Semuanya, ada yang tahu tidak sih dengan COBIT FRAMEWORK??

COBIT ialah Control Objective for Information and Related Technologies, merupakan sebuah kerangka kerja untuk IT Governance dan IT Management yang dapat mendukung kebutuhan dalam suatu organisasi atau bisnis, membantu dalam mengambil keputusan, serta mengelola permasalahan teknis dan risiko bisnis. COBIT ini didirikan oleh Information System Audit & Control Association (ISACA) pada tahun 1996, kala itu di suatu organisasi mengalami kesulitan dalam mengelola kualitas IT, risiko IT, ketidaksempurnaan dalam pengendalian IT, dan ketidaksesuaian dalam regulasi. Maka dari ISACA mengembangkan sebuah kerangka untuk membantu dalam mengelola di suatu Organisasi.



SEJARAH COBIT FRAMEWORK 

COBIT Framework pertama kali didirikan pada tahun 1996 dengan varian versi 1 yang menekankan terhadap bidang audit, lalu pada tahun 1998 COBIT meningkat menjadi versi 2 yang dimana framework yang dikembangkan ISACA tersebut menekankan pada tahapan kontrol, kemudian pada tahun 2000 COBIT merilis versi 3 yang berorientasi terhadap manajemen, dan COBIT merilis versi 4 yang dirilis yang berfokus terhadap penerapan IT Governance (Tata Kelola IT)

Pada tahun 2013, ISACA menyempurnakan kerangka kerjanya dengan versi 5 dengan menambahkan sejumlah fitur yang seperti penyediaan tools baru serta best practice. COBIT versi 5 ini juga dapat mengintegrasikan standar Internasional Organization for Standardization (ISO) termasuk Information Technology Infrastructure Library (ITIL).

Kemudian pada tahun 2019, ISACA mengembangkan COBIT versi 2019 yang dimana kerangka kerja ini menjadi fleksibel dan mudah digunakan, serta meningkatkan manajemen kinerja IT. Pembaruan ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan terhadap perkembangan IT yang terus-menerus berubah pada waktunya. sehingga COBIT versi 2019 ini dapat menyesuaikan terhadap kebutuhan khusus pada organisasi.




COBIT Framework sendiri memiliki 5 Jenis Domain yaitu meliputi :



1. Evaluate, Direct, and Monitor (EDM)
    EDM merupakan domain yang berfokus terhadap evaluasi dan monitoring.

2. Align, Plan, and Organize (APO)
    APO merupakan domain yang berfokus terhadap perencanaan strategis, penyelarasan, dan pengelolaan terhadap suatu organisasi.

3. Build, Acquire, and Implement (BAI)
    BAI merupakan domain yang berfokus terhadap perancangan, pengembangan, dan implementasi pada tata kelola.

4. Deliver, Service, and Support (DSS)
    DSS merupakan domain yang memproses pengiriman, pelayanan, dan dukungan yang memadai.

5. Monitor, Evaluate, and Assess (MEA)
    MEA merupakan domain yang melakukan proses pemantauan, evaluasi, dan penilaian.


COBIT 5 vs COBIT 2019
        
COBIT 2019 merupakan peningkatan dari COBIT 5, namun disisi lain bahwa COBIT 2019 memiliki berbagai perbedaan dengan COBIT 5

1. Prinsip Tata Kelola
  COBIT 5 memiliki 5 Governance Principles sedangkan COBIT 2019 memiliki 6 Governance Principles meliputi ;

    COBIT 5 :
  1. Memenuhi kebutuhan stakeholder
  2. Menggabungkan perusahaan secara end-to-end
  3. Menerapkan kerangka integrasi tunggal
  4. Mengaktifkan pendekatan holistik
  5. Memisahkan Tata Kelola dari Manajemen


    COBIT 2019 :
  1. Memperhatikan kepentingan stakeholder
  2. Menerapkan struktur integrasi
  3. Menerapkan kerangka kerja end-to-end
  4. Memperpentingkan proses yang terfokus
  5. Memproses perilaku yang diinginkan
  6. Mencapai keselarasan dengan tujuan bisnis
2. Memiliki jumlah proses yang mendukung dalam tujuan pengembangan tata kelola dari COBIT 5 yang memiliki 37 proses lalu ditingkat menjadi 40 proses disaat COBIT 2019.

3. Pengukuran kinerja COBIT 5 dengan skala 0 - 5 berdasarkan ISO/IEC 33000, sedangkan COBIT 2019 memiliki skema manajemen kinerja dengan menggunakan CMMI (Capability Maturity Model Integration).

4. COBIT 2019 memiliki 11 faktor desain yang mempengaruhi desain sistem terhadap tata kelola di suatu perusahaan, sedangkan COBIT 5 tidak memiliki faktor desain.


BALANCE SCORECARD VS IT BALANCE SCORECARD WITH 7 ENABLERS COBIT 5    
Berikut merupakan perbedaan dari Balance Scorecard dan IT Balance Scorecard :

  1. Balance Scorecard merupakan kerangka kerja yang berfokus dalam pengukuran kinerja organisasi secara keseluruhan, sedangkan IT Balance Scorecard yang hanya berfokus terhadap pengukuran kinerja di suatu divisi IT dalam mendukung tujuan organisasi
  2. Balance Scorecard lebih berfokus terhadap berbagai sektor industri, bisnis, dan pemerintahan, sedangkan IT Balance Scorecard berfokus terhadap aspek IT, seperti manajemen risiko IT, Keamanan Sistem Informasi, dan Operasional IT.
  3. Balance Scorecard menggunakan indikator kinerja yang dapat mengukur perncapaian tujuan di setiap perspektif, sedangkan IT Balance Scorecard dapat menggabungkan indikator kinerja relevan terhadap IT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME 2 TATA KELOLA

Kegunaan Handphone